Cahaya Imani Umroh & Hajj Services     (0274) 4360912     info@cahayaimani.co.id
   

Tata Cara Umroh dan Doanya: Sai dan Memotong Rambut


Tata cara umroh dan doanya dua rukun terakhir adalah sa’i dan memotong rambut atau tahallul. Sa’i adalah salah satu rukun dari ibadah umroh yang dilakukan dengan jalan kaki berulang kali sebanyak 7 kali, dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah. Kedua bukit ini berjarak sekitar 405 meter.

Setelah rukun sa’i selesai dilakukan, ibadah umroh ditutup dengan memotong rambut atau memendekkan rambut yang disebut dengan tahallul. Rukun ini umum dilakukan oleh laki-laki, sedangkan perempuan disunahkan hanya memotong ujung rambut sepanjang satu ruas jari. Berikut tahapan sa’i dan tahallul yang bisa disimak:

  • Menuju ke Bukit Shafa untuk melaksanakan sa’I sambil membaca doa “Innash shafaa wal marwata min sya’airillah” (Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syiar Allah) (QS. Al Baqarah: 158). Lalu dilanjutkan “Nabda-u bimaa bada-allah bih”.
  • Menaiki Bukit Shafa lalu menghadap ke arah Ka’bah hingga mampu melihatnya sambil membaca “Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar. (3x) Tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali hanya Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya lah segala kerajaan dan segala pujian untuk-Nya. Dia yang menghidupkan dan yang mematikan. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali hanya Allah semata. Dialah yang telah melaksanakan janji-Nya, menolong hamba-Nya dan mengalahkan tentara sekutu dengan sendirian.”
  • Turun dari Bukit Shafa dan berjalan menuju Marwah dengan lari-lari kecil. Setelah sampai, lalu menaiki Bukit Marwah. Lakukan seperti ketika berada di Bukit Shafa, menghadap kiblat, mengucap takbir, membaca bacaan dzikir di atas, serta membaca doa apa saja yang diinginkan.
  • Perjalanan dari Shafa ke Marwah dihitung satu kali putaran. Lakukan ini sebanyak tujuh kali putaran.
  • Tidak ada doa dan dzikir tertentu saat melaksanakan sa’i, namun Anda bisa membaca doa ini “Allahummaghfirli warham wa antal a’azzul akrom” (Ya Rabbku, ampuni dan rahmatilah aku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa dan Maha Pemurah), tidaklah mengapa karena telah diriwayatkan dari ‘Abdullah bin Mas’ud dan ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya mereka membacanya ketika sa’i.
  • Selesai melaksanakan sa’i, dilanjutkan dengan rukun tahallul dengan memendekkan rambut. Bagi aki-laki disarankan untuk dicukur gundul. Sedangkan wanita cukup memotong ujung rambut sepanjang satu ruas jari.
  • Setelah tahallul, maka ibadah umroh berakhir dan Anda bisa mengerjakan hal-hal yang sebelumnya dilarang di rukun ihram.

Admin Cahaya Imani     11.02.2023

Program Umroh dan Haji Plus

Kami menyelenggarakan Ibadah Umroh dan Haji Plus
telah kemas kedalam berbagai paket program yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Testimoni Jamaah Umroh & Haji Khusus Cahaya Imani

Galeri Foto Kegiatan Umroh dan Haji Plus Cahaya Imani

Copyright © 2024 Cahaya Imani – Umroh and Haji Service
DAFTAR IOS368 IOS368 IOS368 IOS368 https://ios368.tjrbbti.com/